Beranda | Artikel
Hak-Hak Anak Yatim - Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam (Ustadz Abu Yala Kurnaedi, Lc.)
Senin, 16 Februari 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Kajian Islam oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Ringkasan Kajian Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam: “Hak-Hak Anak Yatim”

Anak yatim adalah anak kecil yang tidak memiliki bapak karena bapaknya meninggal. Jika sudah besar atau dewasa maka tidak lagi disebut anak yatim. Anak yatim adalah anak yang lemah, maka dari itu Islam memberikan kasih sayang, perlindungan, dan perhatian yang besar kepada anak yatim. Bahkan Allah Ta’ala menjadikan hak anak yatim sebelum hak orang-orang miskin. Allah Ta’ala berfirman:

وَاعْبُدُواْ اللّهَ وَلاَ تُشْرِكُواْ بِهِ شَيْئاً وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَاناً وَبِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin.” (QS An-Nisa [4]: 36)

Allah Ta’ala juga melarang hamba-hambaNya untuk menghinakan, menghardik, atau menyakiti anak yatim. Allah Ta’ala berfirman:

فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ

Dari ayat-ayat di atas kita bisa mengetahui bahwa Islam begitu menaruh perhatian kepada anak yatim, hal itu karena Islam merupakan agama yang penuh kasih sayang. Simak penjelasan selengkapnya mengenai pembahasan ini dengan mendownload kajian yang bermanfaat ini.

Download Kajian Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam: “Hak-Hak Anak Yatim”

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/11595-hak-hak-anak-yatim-tabshiratul-anam-bil-huquqi-fil-islam-ustadz-abu-yala-kurnaedi-lc/